Adanya perubahan model bisnis menuju revolusi industri 4.0 maupun akibat terjadi bencana pandemi COVID-19, menyebabkan perubahan pada proses bisnis di banyak perusahaan. Proses digitalisasi pengelolaan dokumen menjadi suatu kebutuhan perusahaan yang tidak dapat dihindari. Proses bisnis yang tadinya dilakukan secara manual, kini berubah menjadi digital dan berbasis pada informasi/data.

Perubahan kondisi eksternal yang cepat juga memerlukan informasi/data yang cepat dan akurat untuk mendukung keputusan strategik perusahaan. Untuk menjadi perusahaan berkinerja tinggi maka dalam operasionalnya perusahaan harus mampu mempertahankan kualitas layanan yang prima bagi setiap pelanggan/nasabahnya.

Dimana setiap proses bisnis perlu didukung oleh ketentuan internal yang memadai agar dapat memitigasi risiko yang berpotensi menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Oleh karenanya penting bagi setiap Unit Kerja di organisasi untuk dapat memperoleh informasi secara cepat dan akurat terkait ketentuan internal yang terdapat di perusahaan.

Ketersediaan sistem aplikasi yang dapat diakses dengan cepat dan mudah, yang dapat menyediakan informasi/data terkait ketentuan internal perusahaan dan lain sebagainya, menjadi fasilitas yang penting untuk dimiliki perusahaan dewasa ini.

Dengan adanya aplikasi Digital Library, proses pencarian dan pengkinian ketersediaan informasi/data dapat dilakukan lebih sering, sehingga lebih akurat dan lebih efisien. Aplikasi Digital Library dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama sehingga dapat dibandingkan perubahan antar periode untuk melihat perubahan ketentuan internal di perusahaan serta informasi-informasi lainnya yang relevan.